Alex Morgan dan empat gol yang paling berkesan

MUNGKIN masih sedikit orang yang mengikuti aksi perempuan di panggung sepakbola dunia yang memang masih didominasi oleh keterampilan olahbola menakjubkan para lelaki sejak dahulu kala. Namun seiring dengan semakin lantangnya teriakan-teriakan emansipasi, kaum perempuan perlahan namun pasti mulai mencuri perhatian publik dan mengambil-alih beberapa peran penting dalam tatanan sosial hari ini. Tidak terkecuali di bidang sepakbola.

Amerika Serikat adalah salah satu negara yang terus mengalami kemajuan di bidang sepakbola dan memiliki timnas sepakbola perempuan paling menjanjikan dan menarik untuk terus diikuti perkembangannya — berbanding terbalik dengan timnas lelakinya. Keponakan-keponakan perempuan “Paman Sam” mampu mencuri perhatian dunia melalui aksi menawan di atas lapangan hijau, sebut saja Abby Wambach, Hope Solo, Kealia Ohai, Carli Lloyd, dan juga Alex Morgan.

Nama terakhir yang saya sebut di atas bahkan saat ini tengah menjadi primadona di pentas sepakbola perempuan. Terlahir dengan nama Alexandra Patricia Morgan, dara cantik ini menjelma menjadi senjata mematikan timnas perempuan Amerika Serikat di depan gawang lawan. Morgan telah mencetak lebih dari 70 gol dan lebih dari 30 assist saat mengenakan jersey timnas perempuan Amerika Serikat. Setelah sempat diganggu oleh cedera pada tahun 2014 kemarin, Morgan kini kembali menjadi tumpuan timnya di lini depan untuk membikin kiper lawan mati kutu.

Dan dari seluruh gol yang pernah dicetak Morgan, empat gol ini yang paling berkesan bagi saya.

17 Juli 2011: final Piala Dunia Perempuan — vs. Jepang
Morgan masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua dan mampu mengubah jalannya pertandingan. Pada menit 69, Morgan memenangkan duel dengan defender timnas perempuan Jepang untuk menyambut umpan panjang Megan Rapinoe, melakukan satu sentuhan dan kemudian melakukan sebuah sepakan yang meluncur mulus ke pojok kiri gawang Jepang.


6 Agustus 2012: semi-final Olimpiade London — vs. Kanada
Pertandingan USWNT vs. Kanada di semi-final Olimpiade London 2012 harus dilanjutkan ke babak extra-time setelah kedua tim bermain imbang 3-3 hingga menit ke-90. Pada menit 122, sebuah umpan-silang dari sisi kiri pertahanan timnas perempuan Kanada berhasil disambut Morgan dengan sundulan yang masuk dengan indahnya ke dalam gawang. Morgan yang sempat terjatuh kemudian bangkit dengan kedua tangan merentang ke atas sembari memperlihatkan senyuman kebahagiaan bersama dengan rekan-rekannya.


13 Maret 2013: final Piala Algarve — vs. Jerman
Penampilan amburadul lini belakang timnas perempuan Jerman pada menit-menit awal pertandingan final Piala Algarve 2013 harus dibayar mahal. Menerima bola liar tanpa kawalan satu defender pun di dalam kotak penalti, Morgan menghukum Jerman dengan sebuah sepakan kaki kiri yang begitu manis — semanis pagi dengan kopihitam, rokokputih, dan kata-kata yang tidak terucap: saya dan kamu.


2 Juni 2013: friendly match — vs. Kanada
How about that for the United States? Alex Morgan is simply-gently-inside the opposition the penalty area … and the US are fortune ahead,” ujar salah satu komentator dalam pertandingan ini untuk menggambarkan kejeniusan sekaligus kegarangan insting gol Morgan. Hanya butuh dua sentuhan bagi Morgan untuk mencetak gol indah ini: umpan-terobosan Tobin Heath dari tengah lapangan ke sisi kanan pertahanan timnas perempuan Kanada disambut Morgan dengan sentuhan-pertama yang begitu manis dan sempurna yang mampu mengalahkan dua center-back dan memberikannya sudut yang begitu menguntungkan untuk mengakhiri aksi menawannya dengan sebuah sepakan mendatar yang meluncur mulus ke sebelah kiri gawang Kanada. “Great first touch, and again coming to shutting down the angle … yet Morgan hits it with such pace,” ujar komentator lain dalam pertandingan ini.


Bonus: nutmeg vs. Prancis
Kata apa yang bisa digunakan untuk menjelaskan keterampilan olahbola aduhai Morgan ini, selain “brilian”?


[]

Advertisements

Silakan komen di sini:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s